Minggu, 10 Juli 2011

AKSARA KAWI 3

AKSARA KAWI 3


Mengenal Aksara Kawi (Jawa Kuno)



Sedikit demi sedikit cita-cita untuk mendokumentasikan aksara Nusantara, semakin mendekati kenyataan. Walaupun memakan waktu cukup lama aksara Nusantara yang berserakan entah dimana, satu-satu terkumpul juga dan sampai saat ini sudah 10 aksara nusantara yang berhasil dikumpulkan, iniberkat bantuan sahabat-sahabat baik di Kompasiana maupun di FB yang tergabung di Madya Indonesia (Masyarakat Advokasi Warisan Budaya)

Kemarin malam saya menerima kiriman contoh Aksara Kawi (Jawa Kuna) dari Sahabat Face Book yang bernama Cahyo Ramadani dan pada saat itu juga saya mencoba membuat font Aksara Kawi yang saya berinama Kawi.ttf yang bisa di down load DI SINI atau DI SINI. Metode pembuatan berbeda dengan yang saya lakukan berbdea dengan metode yang terdahulu. Dulu, saya jiplak tiap hurup dengan Corel Draw, tapi sekarang berhubung bentuknya agak rumit, sehingga dengan metode jiplak akan memakan waktu cukup lama, saya potong-potong langsung Aksara Kawi tersebut dengan Adobe Photo Shop, kemudian tiap hurup tersebut dimaing font nya menggunakan font creator.

Seperti aksara nusantara yang lainnya, aksara Kawi ini terdiri dari Hurup Utama yang disebut Aksara Induk, tanda diakritik, dan hurup pasangan, dengan Maping pada Keyboard seperti berikut.

AKSARA INDUK

TANDA DIAKRITIK

AKSARA PASANGAN
Kompasianer yang mengetahui tentang Aksara Kawi dimohon masukannya, ada beberapa yang membingungkan diantaranya hurup yang berbunyi sa ada 3 bentuk.



Devanagari
Kawi
Lafal
ka
kha
ga
gha
nga
Devanagari
Kawi


Lafal
ca
cha
ja
jha
nya
Devanagari
Kawi


Lafal
tta
ttha
dda
ddha
nna
Devanagari
Kawi
Lafal
ta
tha
da
dha
na
Devanagari
Kawi

Lafal
nnna
pa
pha
ba
bha
Devanagari
Kawi

Lafal
ma
ya
ra
rra
la
Devanagari
Kawi


Lafal
lla
llla
Va, wa
Sha, ça
ssa
Devanagari



Kawi



Lafal
sa
ha




Lihat: Mardi Kawi - 1860

Tidak ada komentar:

Posting Komentar